YUK MARI MENGENAL TRANSPORTASI MASSAL

 Assalamu'alaikum. Hai blogger

Buat teman-teman yang tinggal di kota pasti saat ini ngalamin yang namanya perasaan saat jalanan itu terasa sempit. Mau kemana-kemana yang dijumpain antrian kendaraan. Suara bising klakson, bau asap kendaraan sampe acara maki-makian yang bikin panas kepala. Yup, kejadian yang dinamakan macet ini sungguh sangat menggangu aktivitas masyarakat. Macet ada ketika terjadi antrian kendaraan dengan kecepatan sangat lambat bahkan hampir tidak bergerak. Biasanya karena kapasitas jalan tidak dapat memenuhi jumlah kendaraan yang melintas, nah kejadian lainnya karena terjadi suatu kejadian seperti tawuran, atau kesalahan lampu lalu lintas yang terjadi pada satu atau lebih ruas jalan.
Terus gimana dong cara ngatasin macet ?
Nah ada banyak cara buat ngatasin macet, salah satunya dengan mengurangi jumlah kendaraan yang ada dan menggantinya dengan kendaraan baru yang dikenal dengan transportasi massal. Bayangkan deh ada 20 mobil yang dikendarai masing-masing satu orang dalam keadaan bersamaan dibandingkan dengan 1 bus yang bisa muat 20 orang lebih, mana yang lebih bikin macet ? 

Perbandingan kapasitas jalan terhadap 60 orang pengguna kendaraan (sumber: google)
Dari gambar di atas dapat kita simpulkan kalau penggunaan 1 kendaraan 1 orang merupakan penyebab utama berkurangnya kapasitas jalan. Kalau kita bilang sih, boros. Bayangkan aja, kantornya sama, jalan yang dilewati sama, keperluannya sama, tapi bawa kendaraannya sendiri-sendiri, apa gak bikin macet. Nah di sinilah kenapa pemerintah kita sekarang lagi gembar-gembornya mengkampanyekan transportasi massal. 
Oke, sekarang mari kita mengenal apa-apa saja sih yang termasuk transportasi massal.
1. Bus
Bus adalah kendaraan besar beroda, digunakan untuk membawa penumpang dalam jumlah banyak (wikipedia). Bus memiliki banyak jenis, coach/motorcoach yang di Indonesia kita sebut sebagai bus antar kota, lalu ada bus bertingkat, bus sekolah dan bus belajar.
Bus tingkat yang difungsikan sebagai bus parawisata (Sumber:wikipedia)
Di Indonesia salah satu bentuk penggunaan transportasi massal dalam bentuk bus yang memiliki jalur khusus (busway) adalah bus transjakarta yang ada di Ibukota Jakarta.

2. Kereta
Kereta adalah salah satu transportasi massal. Tapi kalau di Medan bukan ya, karena kereta meruapakan bahasa lain dari sepeda motor loh. Walaupun sekarang sudah ada yang menggunakan listrik, di Indonesia masih disebut sebagai kereta api (?). Nah transportasi massal jenis ini yang paling banyak digunakan di negara-negara maju seperti Jepang. Kereta api bisa mencapai kecepatan diatas 100 km/jam bahkan kereta tercepat di dunia yang diberi nama Maglev memiliki kecepatan 603 km/jam. Itu ibarat kalau kamu biasa naik kendaraan dari Medan ke Tanjung Balai dengan kecepatan 60 km/jam dan menghabiskan waktu 5 jam, dengan kereta ini hanya kurang dari 1 jam saja. Gile gak tu.
Maglev Train (sumber: Google)
Kereta api juga terbagi dalam beberapa jenis, dari kereta api listrik, kereta api barang, hingga Mass Rapid Trans (MRT) dan monorail yang lagi gencar-gencarnya dibangun di Indonesia walaupun gak jadi-jadi. 

Monorail (sumber: wikipedia)


3. Tram
Tram merupakan kendaraan berbentuk kereta yang berjalan di atas tanah. Tram digerakkan dengan menggunakan tenaga listrik yang menggantung di atas lintasan tram, namun ada juga yang digerakkan dengan mesin diesel. Nah tram ini dapat kita jumpai di negara seperti Belanda dan Amerika.  Kalau di Indonesia katanya ada di Solo

Tram (Sumber: google)

Tram yang ada di Solo (Sumber foto: kaskus. Watermark: Aryayra)

0 Response to "YUK MARI MENGENAL TRANSPORTASI MASSAL "

Post a Comment

Yuk dikomen atu artikelnya :)

wdcfawqafwef