UJU NI NGOLUKKON MA NIAN, Pesan dari orangtua kepada anaknya

Assalamu'alaikum, Hai blogger

Beberapa hari ini saya lagi proses belajar bahasa Ibu saya yaitu bahasa Batak. Hehe, walaupun tetap aja susah ngucapinnya tapi lumayanlah agak ngerti-ngerti sikit.
Nah, pas lagi proses belajar nih saya jumpa lagu yang dulu sering saya dengerin tapi gak ngerti artinya. Searching-searching di internet eh jumpa sama video lagu tersebut yang ada lirik Indonesianya. Dan, taraaaaaaaa saya pun akhirnya ngerti juga arti nih lagu.
Lagu tersebut berjudul Uju Ni Ngolukkon Ma Nian, Ciptaan Deny Siahaan, yang paling terkenal dinyanyikan oleh salah seorang penyanyi Indonesia yaitu om Victor Hutabarat. Lagu ini berkisah tentang orang tua yang sedang sakit-sakitan kepada anaknya. Si orangtua ini pengen anak-anaknya bersabar dalam mengurus dirinya karena ia merasa umurnya sudah tidak lama lagi. Nah berikut lirik lagu tersebut serta terjemahannya.

Uju Ni Ngolukkon Ma Nian
(Baiknya di saat hidupku ini)

Hamu Anakkon Ho
(Kalian semua anakku)

Tampukni Pusu-pusuki
(Belahan Hatiku)

Pasabarma Amang, Pasabarma Boru
(Bersabarlah putraku, bersabarlah putriku)

Laho Pature-ture Au
(Untuk Merawatku)

Nungnga Matua Au
(Kini aku sudah tua)

Jala Sitogu-togu On I
(Serta harus dituntun)

Sulangon Mangan Au, Siparidion Au
(Makanpun harus disuap, juga dimandikan)

Alani Parsahitokki
(Karena penyakit yang kuderita)

Somarlapatan Marende, Margondang, Marembas Hamu
(Tak ada gunanya kalian bernyanyi, berpesta, berdendang)
Molo Dung Mate Au
(Jika aku sudah mati)

Somarlapatan Nauli, Nadenggan, Patupaon Mu
(Tak berguna semua perbuatan kalian yang indah dan baik)
Molo Dung Mate Au
(Jika aku sudah mati)

Uju Ni Ngolukkon Ma Nian
(Baiknya di saat hidupku ini)

Tupa Ma Bahen Akka Nadenggan
(Lakukanlah segala yang terbaik)

Asa Tarida Sasude
(Supaya terlihat semua)

Holong ni Rohami Marnatua-Tuai
(Rasa sayangmu, Kepada orangtua)

Lagu ini menyindir tentang anak-anak jaman sekarang. Termasuk saya (hik hik). Jadi di dalam adat batak itu, kalau orangtua meninggal, anak-anaknya mengadakan pesta tanda bukti kecintaan pada orangtuanya. Nah dalam lagu ini si orangtua malah menyindir, percuma kalian lakukan ini itu, tak ada gunanya kalau aku sudah mati. Baiknya tunjukkan kasih sayangmu saat aku masih hidup gini (nyesek bro). Ya semoga kita bisa jadi anak-anak soleh dan soleha yang berbakti pada orang tua ya.


0 Response to "UJU NI NGOLUKKON MA NIAN, Pesan dari orangtua kepada anaknya"

Post a Comment

Yuk dikomen atu artikelnya :)

wdcfawqafwef