BURJ KHALIFA, SANG PENCAKAR LANGIT MODEREN (1)


Assalamu'alaikum, Hai blogger.
Kata pepatah, harta yang gak bakal habis dibagikan itu adalah Ilmu yang bermanfaat. Nah, berhubung saya seorang mahasiswa teknik sipil yang masih proses tamat hehe, kali ini saya coba buat artikel yang ada kaitannya dengan dunia teknik sipil biar ilmu saya dan teman-teman pembaca sekalian bisa nambah. Oke :)

Nah, buat artikel pertama saya mau bahas tentang bangunan struktur paling moderen dan paling heboh dikalangan dunia teknik sipil. Apalagi kalau bukan Gedung Tertinggi di Dunia, Burj Khalifa. Check This OUt....

Burj Khalifa (sumber: karibuworld)

Manusia teknik sipil mana yang gak tahu tentang Burj Khalifa. Gedung yang berada di Negara Dubai ini menjadi salah satu ikon dunia karena didaulat sebagai Gedung pencakar langit tertinggi di Dunia. Burj Khalifa memiliki ketinggian keseluruhan 829.8 m (2.722 ft) dan telah memegang rekor gedung tertinggi sejak tahun 2010. Berikut data-data dari Burj Khalifa :

Detail Teknik :
Burj Khalifa memiliki 154 lantai yang digunakan ditambah 9 tingkat pemeliharaan, 46 tingkat puncak menara, dabn 2 tingkat untuk parkir bawah tanah. Luas lantai 309.473 m2 dan jumlah lift yitu 57 buah dengan 55 dek tunggal dan 2 deck ganda. Nah untuk masalah lift nih, Burj Khalifa punya kelebihan yaitu kecepatan liftnya yang konon katanya sekitar 60 km/jam, sehingga yang dari lantai paling atas ke bawah cuma butuh 30 detik doang, Gile gak tu.

Detail waktu konstruksi :  
 Burj Khalifa ini dibangun selama 5 tahunan. Dimulai dari 6 Januari 2004 dan selesai pada 30 Desember 2009 dan diresmikan pada 4 Januari 2010.

Burj Khalifa Construction Timeline (sumber : http://www.burjkhalifa.ae/)

January 2004
Excavation started
February 2004 
Piling started
March 2005
Superstructure started
June 2006 
Level 50 reached
January 2007
Level 100 reached
March 2007
Level 110 reached
April 2007
Level 120 reached
May 2007
Level 130 reached
July 2007
Level 141 reached - world's tallest building
September 2007
Level 150 reached - world's tallest free-standing structure
April 2008
Level 160 reached - world's tallest man-made structure
January 2009
Completion of spire - Burj Khalifa tops out
September 2009
Exterior cladding competed
January 2010
Official launch ceremony






Arsitektur dan Struktural

Burj Khalifa dirancang oleh Skidmore, Owings dan Merrill (SOM) bukan SGM ya, itu mah susu.. hehe. Para perancang ini yang juga merancang Menara Willis di Chigago. Desain Burj Khalifa ini menggunakan desain tabungnya Menara Willis yang dibuat oleh Fazlur Rahman Khan. Untuk konsep sendiri Burj Khalifa memiliki gaya budaya arsitektur islam yaitu menara berbentuk spiral yang akan tumbuh meramping ketika mencapai puncak. Desain ini juga digunakan di menara Mesjid Agung Samara.
Menara Spiral Mesjid Agung Samarra (wikipedia)
Untuk struktur sendiri, Burj Khalifa memiliki bentuk struktur unik, yaitu berbentuk huruf Y, yang kata sang insinyur struktur, Bill Baker dari SOM struktur Y ini ideal banget untuk penggunaan perumahan dan hotel dengan setiap sayap yang memungkinkan pandangan dari luar didapat secara maksimum serta pencahayaan lebih baik. Sistem struktur ini juga memungkinkan bangunan untuk mendukung gedung agar dapat ditopang secara lateral serta aman ketika akan diputar, soalnya ni bangun bisa muter-muter juga macem goyang inul.. hehe

Tampak atas struktur Burj Khalifa (sumber : meva.ru)

Nah, buat struktur nih bakal kita bahas tuntas di postingan selanjutnya. Jadi di awasin terus nih blog ya. Kalau bisa diramein juga dengan komentar dan sharenya. Hehe


tags :
burj khalifa, struktur burj khalifa, teknik sipil, struktur, google, mengenal bangunan tertinggi

0 Response to "BURJ KHALIFA, SANG PENCAKAR LANGIT MODEREN (1)"

Post a Comment

Yuk dikomen atu artikelnya :)

wdcfawqafwef